Kamis, 01 Desember 2016

Liburan Murah Ke Singapura


Nama Singapura konon diberikan oleh seorang pangeran keturunan Raja Sriwijaya yang diutus ke pulau tersebut. Artinya kurang lebih Bandar Singa atau Kota Singa. Alkisah ketika sang pangeran mendarat di pulau itu ia mendengar auman keras seperti suara singa, maka ia namakan pulau itu Singapura karena berfikir inilah pulaunya singa. Jangan kaget beberapa orang dari Indonesia beperan besar dalam perkembangan pulau perdangangan dunia ini. JIka kita amati ada beberapa nama yang sangat familiar di telinga kita katakanlah Bugis street. Atau kampung Bugis, Bencoolen atau Bengkulu, Kampung Jawa Kembangan (sama dengan nama daerah di sekitar Kebon Jeruk) dan masih banyak lagi.

Negara kecil di utara pulau jawa ini merupakan surga untuk para traveler. Dengan harga tiket pesawat yang makin murah dan pilihan waktu terbang yang fleksible, menjadikan negara ini bukan lagi tempatnya berlibur untuk kalangan atas. Bayangkan dengan dana atau Budget yang sama dengan anda berlibur ke Jogja atau Bali anda akan mendapatkan suasana yang berbeda. Petualangan dengan menggunakan angkutan umum akan menjadi pengalaman unik tersendiri bagi keluarga anda terutama si kecil. Bersih, aman tertib dan mudah untuk dipelajari bagi kita para traveler, menjadikan semua orang akan mau menggunakan fasilitas angkutan umum. Banyak obyek wisata gratis yang dapat dikunjungi, disamping itu harga makanan juga terjangkau kok. Akan kami ceritakan pengalaman kami mengunjungi negara tersebut Agustus 2016 lalu. Yang pasti jangan takut untuk bertualang ke luar negeri. ini jamanya semua orang bisa terbang kata senboyan salah satu maskapai internasional itu. 



Dan juga banyak orang yang bisa berbahasa Indonesia di sana. Terutama didaerah tourist seperti Bugis atau Orchard road. jadi jangan takut jika Inggris anda pas pasan. 


Satu Trik kecil dari kami, jika anda terbiasa bertransaksi tunai (tidak mau menggunakan Credir Card). Tidak usah repot repot cari Money Changer di Indonesia atau membawa uang cash Rupiah. Kalau anda memiliki Kartu Debit (Kartu ATM tarik tunai) yang bekerja sama dengan Cirus, Alto atau Visa maka lebih baik tarik tunai di ATM di Singapura saja. Meski setiap tarik tunai kena  biaya transaksi sekitar 25rb rupiah, tetapi biasanya kurs-nya lebih bagus dari pada kita tukar di Money Changer di Indonesia apalagi di Singapura. Lumayan hemat waktu untuk cari cari money Chager dan tentunya hemat dana. 

So Let's Go Explore Singapore


 Tiba Di Singapura


Singapore MRT Station
Jika menggunakan Pesawat maka anda akan tiba di Changi airport. Tergantung pesawatnya anda akan mendarat di terminal 1,2 atau 3, tetapi sebagian besar mendarat di terminal 3 (Garuda, Lion Singapore air) atau 1 dan 2 (Air Asia, Tiger, Jet Star).  Taxi terdapat di semua terminal, tetapi harganya lumayan menguras kantong, untuk sekali perjalanan ke pusat kota atau Bugis dan Little India sekitar Sin$25 - $30.

Sebaiknya menggunakan MRT, jangan takut jika membawa koper ukuran besar bisa kok. Meski penuh tetapi tidak sepenuh Komuter Line Jabodetabek saat jam sibuk.  anda harus menuju terminal 2. kemudian turun ke lantai basement. disana anda akan menemui tiket Box MRT card atau Tourist Pass.  Anda akan mempunyai pilihan Membeli Tourist Pass (tiket unlimited untuk naik kendaraan umum satu sampai tiga hari, dihitung dari tanggal beli dan akan berakhir pada jam tutup MRT pada hari yang sesuai pilihan kartu anda) harganya S10-$20 dengan deposit $10 yang dapat di refund di tiket box Tourist pass selambat lambatnya lima hari setelah pembelian. Atau anda dapat mengisi ulang di mesin Topup setelah masa berlaku habis dan menjadi kartu MRT biasa
.
Pilihan kedua kartu MRT biasa (EZ Link) seharga $12 dengan saldo $7.  Tetapi tidak dapat di refund, dan saldonya dipotong sesuai penggunaan.Kartu ini juga dapat digunakan untuk menaiki bus atau LRT. 
Dari Changi anda berada di jalur Hijau atau East to West (EW) jika anda menggunakan MRT. anda akan pindah kereta di Tanah Merah untuk menuju pusat kota (masih jalur EW/Hijau) JIka anda menginap di hotel sekitar Bugis atau Lavender maka anda tidak usah ganti kereta. Untuk daerah Litle India dan Chinatown pindahlah di stasiun Bugis ke Jalur Biru (DT). 



Gunakan peta gratis di MRT Station



Dimana Akan Tinggal?


Saran kami pilihlah hotel disekitar Bugis. selain harganya masih terjangkau juga daerahnya lumayan rame, terdapat bayak tempat makan dan pusat oleh oleh. Cobalah cari hotel sekitar Beach road ada Hotel 81, Amaris (groupnya Santika, Hotel Indonesia loh) atau Fragrance. Juga ada beberapa hostel backpacker seperti Plush pod dan Cozy backpacker. 

Jika Backpaker hostel yang dipilih maka jangan lupa bookinglah seluruh kamar . (demi kenyamanan) karena beberapa hostel menyewakan per tempat tidur bukan kamar. Tentunya kamar yang dipilih disesuaikan dengan jumlah orang. Perhatikan juga kamar mandinya. apakah didalah kamar atau share dengan yang lain.

Anda juga dapat memilih hotel disekitar Selegie, atau lavender. Tempat lainya adalah Little India dan China town.

Jangan terpengaruh dengan harga yang murah perhatikan baik baik fasilitasnya. Terutama ketika liburan membawa sikecil. Gunakan website penyedia hotel dan baca terlebih dahulu reviewnya. Selain itu booking lewat website penyedia hotel bisa lebih murah karena banyak promo dan diskon. Untuk daerah Selegie saya recomend di Hotel 81 Selegie karena terdapat kamar untuk 4 orang dan letaknya tidak jauh dari 2 stasiun MRT yaitu Rochor dan Litle India. juga didepanya terdapat halte bus dan masih dekat dengan Bugis. Sementara untuk backpaker Hostel coba di Plush Pod karena hanya 200meter dari stasiun MRT Bugis, dikelilingi restaurant dan pusat oleh oleh Bugis Street.

Alternatif lain adalah dengan menyewa kamar atau apartemen lewat AirBNB atau homeaway. Ada dua macam apartement yang disewakan perkamar atau sharing dengan yang lain dan atau pemilik. Pilihan kedua yang disewakan seluruh apartemen. Ini alternatif yang baik jika anda pergi dengan jumlah oirang yang banyak.

Mohon untuk menghindari menginap di daerah Geylang karena pengalaman saya tidak nyaman atau kurang baik untuk anak anak. ini daerah red districnya Singapura. Meskipun hotel disana murah murah.

Makan 1st lah

Nasi Lemak Kukus Selegie
Judul dari artikel ini diilhami dari ucapan istri teman saya setiap berkunjung ke tempatnya. Selalu dia ucapkan "makan first lah." sebelum melanjutkan bincang bincang atau menyelesaikan suatu pekerjaan.
Jika anda Muslim, Jangan Takut, banyak makanan halal atau restaurant halal. Penjaga restaurant disana sangat jujur, jika anda muslim (terlihat dari penampilan atau apapun) maka ia akan memberitahu dan atau menolak dengan halus pesanan jika makanan yang mereka jajakan salah satunya non halal. 

Sama juga meskipun anda makan di food court atau biasa dinamakan hawker, peralatan makan akan dibedakan antara yang halal dan tidak, ini menandakan mereka sangat respek terhadap traveler muslim. Yang kadang saya tidak jumpai negara kita ini.Banyak makanan enak yang harus anda coba di Singapura. 

Jika anda menginap di hotel tanpa sarapan. Anda dapat menjumpai banyak restauran yang sudah atau masih buka di pagi hari. Nasi lemak atau nasi uduk kalau disini bisa dijadikan pilihan. lainnya Ada nasi goreng baik ayam atau mutton (kambing). Menu lainnya adalah roti prata. atau berbagai macam mie. bisa mie goreng, mie kuah atau Mie Maggie (mie instan kemasan) mungkin juga berbagai macam roti mulai Roti Jhon (roti dengan telur dan daging sapi cincang) Kaya Toast bread (roti bakar dengan selai sarikaya). minumannya bisa teh tarik, milo dino (minuman coklat dengan taburan choco granule) Yg harus diingat jika anda order tea atau ice tea maka yang akan disajikan adalah teh susu. jika anda ingin teh tanpa susu maka ordernya tea O. yang lainnya adalah chicken rice atau nasi ayam hainan signature dish-nya Singapura. harganya sekitar $2 sampai $5. Untuk yang menengah anda bisa kunjungi gerai Food Republic yang sudah buka sejak jam 06:00 pagi. Di dalam food court mirip Eat and Eat di Jakarta ini, banyak pilihan makanan diantaranyaToast Box yang terkenal itu. Budgetnya sekitar $5 - $15. Atau anda dapat mencari sarapan disekitar stasiun MRT.

Favorit saya NAJ Restaurant Bugis yang berada di bawah Cozy Corner Backpacker Guesthouse. di seberang Intercontinental Hotel Bugis Junction. Restaurant yang buka 24 Jam ini Menyajikan makanan india dan Indonesia. Disebelahnya ada restauran yg menjual Hainan Chicken. bisa dimakan dengan nasi atau mie. Jika di selegie coba datangi Nasi lemak kukus.




Lunch or Dinner
Makan Sutra Glutton Bay

Jangan Takut Kelaperan di Singapura, kalau menurut saya kota ini isinya mall, Toko dan Tempat makan. Tempat makan baik Restaurant atau hanya pusat jajanan serba ada (PUJASERA) atau yg di Singapur disebut Hawker tersebar hampir diseluruh pulau. Selain murah di hawker juga banyak terdapat pilihan makanan beberapa diantaranya malah cukup terkenal karena kelejatannya tidak kalah dengan Restaurant Bintang 5. Dan yang tidak kalah menarik harganya juga terjangkau. Beberapa yang terkenal sebagai beikut:

Makansutra Glutton’s Bay menawarkan berbagai menu hidangan Local. Food Centre ini menyajikan berbagai hidangan lezat seperti, fried carrot cake, oyster omelette, chilli crab, roti jala (pancake renda disajikan dengan kari lezat), roti kaya fondue, dan lain-lain. Menu andalan Makansutra Glutton’s Bay yang direkomendasikan untuk dipesan oleh para pengunjung yaitu Chilli Crab dan Roti Kaya Fondue. Selain itu, Food Centre ini juga menawarkan berbagai menu hidangan Halal. Anda juga harus mencoba hidangan lezat hasil kreatifitas chef Melayu yang banyak disukai oleh para pecinta daging di luar negeri seperti, the roti john atau egg with minced lamb loaf. Harga-harga yang ditawarkan untuk setiap hidangan mulai dari $10 sampai dengan $30. Duduklah paling ujung dekat ke laut maka anda akan disuguhi pemandangan spektakukler dimalam hari lampu yang indah ke Marina Bay Sand dan Merlion Park. Ini tempat Favorit saya.Highly recomended.
Cara ke SanaDengan MRT : Citihall (EW13/NS25). Lalu jalan kearah Esplande linkway
Dengan Bus:36, 56, 75, 77, 97, 106, 111, 133, 162, 171, 174M, 195, 700A, 857, 960, 961, NR1, NR2, NR6, NR7, NR8.Setiap hari buka dari jam 6 sore hingga 3 pagi.

Lau Pa Sat Festival Market Dibangun di tahun 1894, Lau Pa Sat (berarti “Pasar Lama” dalam bahasa Hokkian) yang terletak di Boon Tat Street merupakan sebuah monumen nasional yang dilindungi, dan merupakan bangunan dari baja tuang bercorak era Victora terbesar yang masih berdiri di Asia Tenggara. Selama siang, pusat makanan ini umumnya melayani para karyawan kantor. Saat malam, Boon Tat Road ditutup untuk lalu lintas dan gerobak penjaja teh tarik (teh susu yang ‘ditarik’ tangan), dendeng dan hidangan laut ganti memenuhi jalan. Inilah santap malam lokal terbuka yang terbaik. Makanannya lezat dan tidak mahal, pilihannya banyak dan Anda tidak perlu terlalu resmi. Silahkan makan dengan tangan dan Anda tidak usah kuatir anak-anak akan merusak taplak meja, karena memang tidak ada!
Salah satu menu utama yang banyak ditawarkan oleh stall-stall di Lau Pa Sat adalah sate / satay, ada sate ayam dan juga kambing. Sate yang disajikan tidak jauh berbeda dengan sate yang biasa kita temukan di Indonesia hanya rasanya saja sedikit berbeda. Jadi jika anda sedang ngidam sate ayam atau kambing silahkan datang ke tempat ini.
Cara ke SanaDengan MRT : Raffles Place (EW14/NS26)
Dengan Bus : 10, 70, 75, 82, 97, 100, 107, 130, 131, 131A, 162, 167, 186, 196, 507, 605, 608, 700, 97. Setiap hari buka 24 jam.

Singapore Food Trail adalah konsep tempat makan yang menghadirkan kembali kenangan masa lampau dan kehidupan Singapura pada jaman 1960an. Ide yang sangat cemerlang, karena pastinya orang-orang baik tua maupun muda akan penasaran dan memutuskan untuk berkunjung ke sini. Disamping itu lokasinya sangat strategis yaitu dibawah Singapore Flyer.
Di dalam Singapore Food Trail terdapat berbagai macam makanan asli Singapore, yang hampir semua makanannya sukar ditemui pada tempat makan di Singapura.Seperti: ice ball,  kacang puteh, bak kut teh, barbeque seafood, hokkien mie, barbeque chicken wing (BBQ sayap ayam), chicken rice, popiah, fried Oysters, Satay bihun dan satay celup, dan masih banyak yang lain. Makanan wajib yang harus anda coba adalah ice ball. Karena sangat susah untuk menemukan ini di tempat makan lain.
Cara ke SanaDengan MRT : New Promanade Station (CC4) Lalu jalan kearah Singapore Flyer
Dengan Bus: 106,111,133 Setiap hari Buka dari jam 10.30 pagi sampai 10.30 malam

Chinatown Complex Food Center, salah satu hawker terbesar di Singapura dengan lebih dari 260 stan. Chinatown Complex Food Centre menawarkan pengunjung sajian khas Singapura super lengkap seperti :chilli crab, black pepper crab, BBQ stingray, BBQ chicken wings, satay, carrot cake, char kway teow, Hokkien mee, chicken rice, dim sum, lor mee, prawn noodles to kway chap dan juga makanan penutup seperti like ice kachang, chendol, tau suan, dan soya beancurd. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, juga semakin murah karena banyak stan yang menjual makanan sama. Contohnya anda dapat menikmati Hainan Chicken Rice atau laksa hanya dengan $2 -$3 saja
Cara ke SanaDengan MRT : Chinatown (NE4) dan Outram Park (EW16/NE3)
Dengan Bus : 2, 12, 33, 51, 54, 61, 62, 63, 75, 80, 81, 103, 124, 143, 145, 147, 166, 174, 186, 190, 197, 501, 520, 851, 961, 961C, 970 Buka dari jan 10 pagi sampai 11 malam

Old Airport Road Food Centre tidak terlalu cantik, sedikit di luar pusat kota dan tidak banyak r dikunjungi oleh wisatawan. Namun, pusat makanan ini  selama 30 tahun secara luas dianggap oleh penduduk setempat sebagai pusat jajanan terbaik di Singapura, baik dari harga, dan yang lebih penting: rasa.  Makanan special disini  termasuk mie sate, char kway teow (mie piring), dan rujak (buah / sayur salad Indonesia). Harga konsisten dengan sisa pusat jajanan Singapura, dengan sup mie dasar biaya kurang dari lima dolar - meskipun Anda dapat membayar lebih seperti $ S10 untuk hidangan berbasis daging yang lebih besar.
Cara ke SanaDengan MRT :Dakota (CC8) lalu jalan 8 menit
Dengan Bus : 10, 16, 30, 30E, 31, 32 and 33 (Jalan2 menit dari halte B81171) buka dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam

Temapt makan atau hawker lainya:
Maxwell Food CentreDi sepanjang Maxwell Road



Cara ke Sana
Dengan MRT : Tanjong Pagar (EW15) dan Chinatown (NE4)

Dengan Bus :2, 12, 61, 80, 145, 603, 608, 851, 961

Geylang Serai Market (sedang direnovasi)
Di samping Blk 1,3,4,5 Jalan Pasar Bahru



Cara ke Sana

Dengan MRT : Paya Lebar (EW8)
Dengan Bus :2, 7, 13, 21, 24, 26, 28, 30, 40, 51, 60, 60X, 61, 63, 67, 70, 70X, 76, 93, 94, 135, 154, 155, 197, 853C

Golden Mile Food Centre505 Beach Road



Cara ke Sana
Dengan MRT : Lavender (EW11)

Dengan Bus :2, 7, 10, 12, 14, 16, 32, 33, 51, 61,62, 63, 70, 70X, 80, 82, 100, 107, 107X, 133, 145, 196, 197, 961, 961C, 980





Bersambung... ... ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar